PT Best Profit Futures Jambi

Sejak pagi, penyidik KPK geledah lagi ruang kerja SDA di Kemenag

sejak-pagi-penyidik-kpk-geledah-lagi-ruang-kerja-sda-di-kemenagPagi hari ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengobok-ngobok beberapa ruangan di gedung utama Kementerian Agama, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ruangan yang diacak-acak KPK itu merupakan tempat kerja Menteri Agama Suryadharma Ali dan divisi yang mengurus haji. Penggeledahan itu terkait kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji di Kemenag Tahun 2012-2013.

“Lantai dua ruangan Pak Menteri dan lantai lima tempat yang ngurusin haji,” kata salah satu petugas keamanan Kementerian Agama yang enggan disebutkan namanya, Jumat (23/5).

Dalam penggeledahan itu, awak media tidak diperkenankan mengikuti. Media hanya diperbolehkan menunggu di lantai dasar atau di lobi gedung.

“Polisi ramai yang jaga,” katanya.

Tadi malam, tim penyidik KPK juga telah menggeledah ruang kerja SDA dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Anggito Abimanyu. Sejumlah berkas dibawa oleh penyidik. KPK telah menetapkan SDA dan kawan-kawan sebagai tersangka dalam kasus ini. Namun siapa tersangka lain belum diumumkan.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, menyatakan perkara menjerat Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu dilakukan guna memberikan efek kejut kepada para penyelenggara haji. Dia berharap kasus ini bisa menjadi pelajaran agar kesalahan tidak terjadi di kemudian hari.

“Peningkatan status SDA ke tahap penyidikan dan menetapkannya sebagai tersangka harus dijadikan satu kesatuan upaya, agar terjadi peningkatan penyelenggaraan haji secara menyeluruh,” tulis Bambang melalui pesan singkat kepada awak media, Jumat (23/5).

KPK menyangka SDA melanggar pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 Undang-Undang Nomor 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana juncto pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Sumber : merdeka.com