PT Best Profit Futures Jambi

Studi: Orang Kaya Makin Banyak dan Tambah Makmur

245127_wang-jianlin_663_382Jumlah miliarder di seluruh dunia tumbuh hampir 2 juta sepanjang tahun lalu. Berdasarkan hasil sebuah penelitian terbaru yang dirilis Rabu kemarin, kekayaan para jutawan ini tahun lalu tumbuh hampir 14 persen.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis 19 Juni 2014, laporan terbaru dari RBC Wealth Management menunjukkan bahwa jumlah kekayaan bersih para individu yang memiliki US$1 juta atau lebih untuk investasi, naik 15 persen menjadi 13,7 juta pada tahun 2013. Kekayaan gabungan kalangan ini naik US$52,62 triliun.

Amerika Serikat disebut memiliki jutawan terbanyak dengan jumlah mencapai 4 juta. disusul Jepang dengan 2,3 juta. Jerman berada di posisi ketiga dengan 1,1 juta, dan Tiongkok berada di urutan ke empat dengan jumlah jutawan mencapai 758.000. Jutawan di empat negara itu mencakup 60 persen porsi kemakmuran dunia.

Di luar empat negara paling banyak jutawan itu, ada wilayah lain yang mengalami pertumbuhan kekayaan cukup menonjol pada 2013. Antara lain negara kaya minyak seperti Norwegia dan Kuwait, pusat keuangan seperti Jong Kong dan Singapura, serta pasar ekonomi sedang berkembang seperti India, Rusia, dan Taiwan.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa Eropa dan Amerika Latin justru mengalami pelambatan laju pertumbuhan jutawan.

“Ini adalah pertumbuhan tercepat kedua dalam populasi jutawan sejak tahun 2000, dan ini muncul kembali pada 2013 yang merupakan tahun yang sangat positif bagi pasar keuangan,” George Lewis, Kepala Divisi Wealth Management dan Asuransi di RBC, di sela-sela acara Reuters Global Wealth Management Summit di New York.

Laporan ini didasarkan pada survei terhadap lebih dari 4.500 individu berpenghasilan tinggi di 23 negara. (ren)