PT Best Profit Futures Jambi

Bestprofit : Tembus 100 Juta, Google Search Kasih Lite Mode Untuk Indonesia

Bestprofit – Google Search menyediakan fitur “Lite Mode” untuk Indonesia. Google berharap fitur ini dapat memfasilitasi pengguna internet dengan jaringan 2G yang masih tergolong banyak.

“Lite Mode” di Google Search secara otomatis akan mengonversi halaman ke versi yang lebih ringan saat mendeteksi jaringan yang amat lemah dan memuat halaman daring lima kali lebih cepat pada jaringan 2G.

Vice President Product Management Google Caesar Sengupta menjelaskan smartphone (ponsel pintar) telah memberikan jutaan penduduk Indonesia akses kepada internet dengan harga makin terjangkau.

“Penetrasi ponsel pintar masih berkembang, tetapi kami di Google terus berpikir bagaimana kami dapat mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kualitas internet bagi semua orang,” ujarnya dalam acara “Google for Indonesia”, Selasa (9/8/2016) di Jakarta.

Meski penetrasi pasar 4G di Indonesia makin besar, negeri ini memang masih menghadapi isu kualitas jaringan. Vice President Product Management Youtube Johanna Wright, pada kesempatan, menjelaskan bahwa saat ini ada 100 juta pengguna internet di Indonesia.

“Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pengguna internet di antaranya masih menggunakan jaringan 2G,” papar Wright.

Berdasarkan penelusuran Suara.com, “Lite Mode” di Google Search merupakan fitur bagi negara-negara dengan jaringan internet yang relatif lemah. Sebelum di Indonesia, fitur ini telah terlebih dahulu menjangkau India.

Tiga langkah yang akan diambil Google untuk memperluas penggunaan internet di Indonesia, lanjut Sengupta, yaitu akses (meningkatkan konektivitas), platform (membuat semua orang dapat membuat dan berbagi), dan produk (fitur Google yang dapat digunakan orang Indonesia di kehidupan sehari-hari). (Sdq/Bestprofit)